Template by:
Free Blog Templates

TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Senin, 19 Desember 2011

TUTORIAL POWERPOINT

           Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun
sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Microsoft Power Point akan
membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan
karena Microsoft Power Point akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi,
presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk clip art yang menarik,
yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer.
 -Menu Bar : Daftar menu yang masing-masing terdiri dari beberapa
perintah
-Standart Toolbar : Tools untuk menangani file, menyisipkan objek baik
gambar atau grafik
-Formatting Toolbar : Tools yang terdiri dari item yang berhubungan dengan
pengaturan huruf atau tulisan
-Slide Sorter View : Menampilkan keseluruhan slide di layar kerja dalam bentuk
ukuran kecil
-Slide Show : Menampilkan tayangan sebuah slide
- Drawing Toolbar : Tolls yang terdiri dari item yang berhubungan dengan
pembuatan ataupun pengaturan gambar
DRAWING TOLBAR
1. Draw : Mempermudah penempatan dan pengorganisasian objek, misalnya
dalam melakukan grouping, ordering, rotate, text wrapping, dll
2. Select Object : Melakukan pilihan terhadap obyek tertentu
3. AutoShapes : Menyediakan berbagai macam pilihan bentuk yang dapat mendukung
penyajian presentasi seperti callouts, basic shape, lines,stars and
banners, dll
4. Line : Menggambar garis
5. Arrow : Menggambar tanda panah
6. Rectangle : Menggambar bentuk persegi
7. Oval : Menggambar bentuk oval atau lingkaran
8. Text Box : Membuat serangkaian text
9. Word Art : Membuat efek-efek text yang menarik baik dalam bentuk 2D maupun
3D
10. Insert Clip Art : Menambahkan gambar ke dalam materi presentasi yang sedang
dipersiapkan, baik berasal dari default Powerpoint maupun dari file
yang kita punyai
11. Fill Color : Memberikan pewarnaan terhadap suatu objek tertentu
12. Line Color : Memberikan pewarnaan terhadap garis tepi dari suatu objek
13. Font Color : Memberikan pewarnaan terhadap text yang diseleksi
14. Line Style : Memberikan pilihan ketebalan (dalam ukuran point) terhadap modelgaris yang dipakai
15. Dash Style : Memberikan pilihan terhadap mode garis yang dipakai
16. Arrow Style : Memberikan pilihan terhadap mode arrow yang dipakai
17. Shadow : Memberikan efek bayangan pada objek yang diseleksi (tidak untuk
text)
18. 3-D : Memberikan efek 3 dimensi pada objek yang diseleksi (tidak untuk text)


MEMBUAT DOKUMEN BARU

Ketika pertama kali membuka program MS. Power Point maka akan langsung tampil dokumen baru dengan sebuah slide yang siap diisi dengan materi.
  1. klik pada "Click to add tittle" lalu ketik judul presentasi yang ingin anda buat. Misalnya kita akan membuat materi presentasi kuliah Teknik Periklanan. Judul yang kita ketik adalah "MANAJEMEN WARNA".
  2. Klik pada "Click to add sub tittle" lalu ketik sub judul dengan teks "Materi Kuliah Desain Grafis Prodi Komunikasi Penyiaran Islam Jurusan Dakwah STAIN Purwokerto"
  3. klik menu Insert à New Slide. Perhatikan pada bagian kiri window akan bertambah satu slide baru.
  4. klik pada " Click to add tittle" lalu tulislah "Spektrum Warna".
  5. klik pada "Click to add text" lalu ketiklah:
    • Perbedaan gelombang cahaya menghasilkan perbedaan warna.
    • Spektrum warna adalah informasi berbagai jenis warna yang terbentuk dari perbedaan gelombang cahaya.
    • Spektrum warna yang dapat dilihat oleh mata manusia adalah warna yang berada pada panjang gelombang antara 400nm sampai 700nm.

MENYIMPAN DOKUMEN BARU

  1. Klik menu File -->Save As.
  2. Pada File Name ketiklah "Manajemen warna".
  3. Pada Save In arahkan ke lokasi folder yang anda inginkan untuk menyimpan.
  4. Klik tombol Save.

MEMILIH LAYOUT SLIDE

          Slide bisa diisi dengan berbagai komponen selain teks, misalnya gambar, tabel, grafik, audio, video. Untuk memasukkan komponen-komponen tersebut maka sebelumnya kita perlu memilih jenis-jenis layout yang tersedia.
  1. Buatlah slide baru dengan cara menekan tombol Ctrl + M
               2.  Klik menu Task pane (berbentuk panah ke bawah) yang terdapat disebelah  kanan window.
              3.  Klik pada layout Title and Content, untuk mengubah layout agar bisa diisi dengan komponen selain teks. 
              4. Klik pada "Click to add tittle" lalu ketik judul "Spektrum Warna. 
              5.  Carilah letak file gambar Picture1.jpg yang ingin dimasukkan yaitu di drive D:\, jika sudah ketemu klik tombol Insert. 
              6.  Klik menu Insert à Picture à From File. Carilah gambar Picture2.jpg yang terletak di drive D:\. Perintah yang baru saja dilakukan adalah cara lain untuk memasukkan obyek ke slide. 
             7.  Jangan lupa simpan kembali dokumen presentasi anda dengan memilih menu File à Save, atau klik tombol Ctrl+S, atau klik tombol Save pada toolbar, atau tekan tombol Alt+F+S.


MEMBUAT DIAGRAM DAN GRAFIK

  1. Buatlah slide baru
  2. pilih slide layout menjadi Title and 2 Content.
  3. Klik ikon diagram
  4. Ada banyak pilihan diagram yang bisa anda buat, diantaranya Organization Chart, Cycle Diagram, Radial Diagram, Pyramid Diagram, Venn Diagram, dan Target Diagram. Pilihlah Organization Chart lalu klik OK.
  5. Ketik "Warna" pada kotak paling atas.
  6. Ketik "Primer" pada kotak paling kiri yang ada dibawahnya.
  7. Ketik "Sekunder" pada kotak disebelah kanannya.
  8. Hapus kotak paling kanan yang tidak digunakan dengan cara klik lalu tekan tombol Delete pada keyboard.
  9. Klik kanan pada kotak warna primer, lalu pilih Subordinate.
  10. Tambahkan subordinate berikutnya sehingga berjumlah 3 buah.
  11. Ketik pada masing-masing kotak dengan "Red", "green", "blue".
  12. Klik kanan pada kotak warna sekunder lalu pilih subordinate.
  13. Tambahkan subordinate berikutnya sehingga berjumlah 3 buah.
  14. Ketik pada masing-masing kotak dengan "Cyan", "Magenta", "Yellow".
  15. Simpan hasil pekerjaan anda.
Berikutnya kita akan membuat grafik disebelah kanan diagram. Caranya adalah dengan klik ikon Insert Chart. Maka akan masuk kedalam kotak dialog untuk memasukkan data.


MEMBERIKAN EFEK TRANSISI ANTAR SLIDE
  1. Untuk memperbagus penampilan materi saat presentasi, maka perlu diberikan efek transisi setiap berpindah antar slide. Cara untuk memberikan transisi antar slide adalah sebagai berikut:
  2. Aktifkan slide pertama lalu klik menu Slide Show.
  3. Maka tampil di window task pane sebelah kanan berbagai pilihan transisi. Pilihlah salah satu transisi misalnya Box In atau Box Out atau yang lain.
  4. Aktifkan slide kedua lalu pilih slide transition yang lainnya. Lanjutkan pemberian transisi untuk slide-slide yang lain.
  5. Aktifkan slide kedua lalu ubahlah kecepatan transisi menjadi medium atau slow (lihat gambar diatas). Perintah ini untuk mengatur kecepatan transisi antar slide.
  6. Jika transisi antar slide ingin dibuat seragam untuk semua slide maka klik tombol Apply to All Slides (lihat gambar diatas).

MELIHAR HASIL PEKERJAAN
  1. Klik menu Slide Show à View Show atau tekan tombol F5 untuk melihat hasilnya.
  2. Tekan tombol Escape pada keyboard jika preview sudah selesai.
  3. Jika hanya ingin preview mulai dari slide tertentu maka tekan tombol Shift+F5.

MEMBERIKAN EFEK ANIMASI PADA TEKS DAN OBYEK
  1. Aktifkan slide pertama.
  2. Klik menu Task Pane lalu klik Custom Animation.
  3. Aktifkan judul tulisan lalu klik icon Add Effect à Entrance à Fly In. perintah ini untuk memberikan animasi melayang pada teks judul.
  4.   Aktifkan sub judul lalu klik icon Add Effect à Entrance à More Effect…
 Demikianlah tutorial powre point ini,,sekian....



0 komentar:

Posting Komentar